42b2a784 3b7e 4b33 80f6 9b2c8d0ae2b0

Pertama Kali Beli Mobil? Wajib Baca Ini!

Membeli mobil adalah sebuah keputusan besar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya mobil pertama. Saat ini, mobil sudah bukan lagi sekedar alat transportasi saja, namun sudah jauh lebih dari itu. Mobil adalah ukuran tingkat kemapanan calon mantu dimata calon mertua. Mobil adalah ukuran tingkat kegantengan kita dimata gebetan. Apalagi jika mobil yang kamu kendarai itu adalah hasil jerih payah kamu sendiri. Itulah kenapa membeli mobil itu sebuah keputusan besar. Nah, berikut ini ada beberapa pertimbangan dari sisi keuangan agar kamu bisa mempersiapkan membeli mobil pertama dengan baik: 

  • Pastikan kamu bisa menyetir

Jangan sampai membeli mobil tapi kamu tidak bisa menyetir, karena akan menambah pengeluaran untuk menyewa supir pribadi. Kecuali kamu terlahir sebagai anaknya Hotman Paris, lebih baik kamu pastikan bahwa kamu memang bisa menyetir sendiri. Salah satu ukuran kamu bisa menyetir adalah apakah kamu bisa parkir di parkiran pasar yang ramai, atau apakah kamu bisa tetap tenang berada di jalan tol yang ramai. Kalau kamu bisa melakukan hal-hal itu, barulah kamu sah bisa menyetir! 

  • Pastikan kamu punya uang

Serius. Kalau kamu mau beli mobil, kamu harus punya uang bukan hanya untuk beli mobil, tapi juga untuk bayar tol, bayar servis rutin, bayar parkir, bayar bensin. Apabila kamu membeli mobil dengan kredit, maka persiapkan dana sebesar cicilan kredit bulanan kamu untuk dialokasikan ke biaya bensin, perawatan, parkir, dan servis rutin. Sebagai referensi, biaya parkir langganan bulanan di area Mega Kuningan, Jakarta Selatan, sudah mencapai Rp500 – 600 ribu sebulan. 

  • Pastikan keuangan stabil

Jika kamu membeli mobil secara cash, selamat! Ini berarti kamu punya keuangan yang sangat bagus (atau mungkin punya bapak yang kaya). Tapi apabila kamu membeli mobil dengan kredit, maka kamu perlu simak sisa artikel ini terus. Jadi, konon katanya besar total cicilan bulanan adalah idealnya sebesar 30% dari total pemasukan bulanan. Jadi, apabila gaji kamu Rp10jt per bulan, maka total cicilan kamu idealnya Rp3jt. Eits, ini bukan angka cicilan mobil saja, tapi total cicilan lho ya. Angka ini berarti sudah termasuk cicilan kartu kredit, cicilan jalan-jalan, dan cicilan HP kamu. Nah, usahakan total cicilan kamu, termasuk diantaranya cicilan mobil, tidak lebih dari 50% total pemasukan kamu. Jadi, ketika kamu akan membeli mobil, pastikan kondisi keuangan kamu tetap stabil. Apabila dengan membeli mobil maka cicilan kamu melebihi 50% pemasukan, maka itu tandanya kamu belum siap secara keuangan untuk membeli mobil. 

  • Gunakan pinjaman online

Nah misalnya kamu ingin membayar dp atau cicilan tapi uang nya kurang, nah menggunakan pinjaman online bisa menjadi pilihan bagi kamu, karena prosesnya cepat, sehingga kamu bisa menjadikan pinjaman online sebagai alternatif bagi kamu, contohnya seperti Danafix yang dapat memberikan pinjaman online dalam jangka waktu 7 menit, jadi tidak harus menunggu lama saat kamu sedang butuh.


Latest articles