1e8c392f 652d 4bd0 ad7f 969416f1beda

4 Tips Keuangan untuk Mempersiapkan Kehamilan

Bagi pasangan yang baru saja menikah, keinginan untuk memiliki momongan/anak pastinya besar. Banyak pasangan yang akan mengusahakan segala cara agar mereka dapat memiliki anak, bahkan ada yang rela mengeluarkan uang yang banyak seperti melakukan program bayi tabung agar mereka dapat memperoleh seorang anak.

Namun, proses kehamilan membutuhkan banyak perhatian dan juga biaya tentunya. Sayangnya tidak sedikit yang benar-benar mempersiapkan hal ini. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatur keuangan pada masa kehamilan: 

Image: Pexels.com


  • Tentukan anggaran biaya perawatan ibu hamil

Biaya perawatan ibu hamil adalah poin penting yang harus diatur dalam anggaran kehamilan. Beberapa biaya perawatan kehamilan yang perlu diperhatikan antara lain biaya check up per bulan, USG hingga pemenuhan asupan gizi ibu hamil. Contohnya suplemen gizi dan biaya perawatan lainnya. Agar meringankan beban, kamu bisa mempersiapkannya dengan menggunakan asuransi. Keuntungan bila memiliki asuransi adalah perusahaan akan membayar mayoritas biaya perawatan tersebut. Sebagai pemegang polis, kamu cukup membayar preminya saja dan itu pun jumlahnya tidaklah begitu besar. Setidaknya dengan cara ini dapat menekan biaya dan bisa mengatur keuangan selama masa kehamilan dengan bijak. 

  • Pilih paket melahirkan yang sesuai kebutuhan

Jika kamu berencana melahirkan di rumah sakit, biasanya mereka memiliki rincian estimasi biaya yang harus kamu persiapkan ketika melahirkan, biasanya dibagi per cara melahirkan, yakni normal atau operasi cesar, serta fasilitas yang akan kamu dapatkan sesuai kelas yang kamu pilih. Cek apakah paket melahirkan itu merupakan kebutuhan kamu, misalnya apakah kamu membutuhkan kenyamanan saat melahirkan dengan kamar besar tanpa diganggu pasien lain? Kalau ya, maka silakan memilih fasilitas melahirkan kelas 1 yang tentu memakan biaya tidak sedikit. Namun, jika kamu memiliki prinsip ‘yang penting saya dan bayi selamat dan sehat’, maka kamu cukup mengambil paket melahirkan kelas yang paling dasar.

Jangan lupa bertanya mengenai ‘bonus’ dalam paket hamil itu ya. Biasanya jika kamu akan membayar di muka alias booking tempat melahirkan, ada bonus menanti seperti senam hamil dan konseling melahirkan gratis dari rumah sakit tersebut lho.

  • Prosedur melahirkan

Tips mengatur keuangan yang tak kalah penting ialah menentukan prosedur melahirkan yang ingin kamu alami. Saat ini, sudah banyak metode melahirkan yang bisa kamu pilih, mulai dari persalinan normal alias spontan, operasi caesar, persalinan dengan suntikan epidural, bahkan water birth (meski tidak disarankan oleh berbagai dokter kandungan).

Tips mengatur keuangan lainnya agar kamu dan ayah tidak boros saat mempersiapkan persalinan ialah tidak usah berlama-lama di rumah sakit. Jika kamu melahirkan tanpa komplikasi serta melalui persalinan normal, biasanya kamu bisa pulang hanya dalam waktu 2 hari setelah melahirkan. Sedangkan untuk kamu yang melahirkan lewat operasi caesar, waktu pemulihan biasanya akan sedikit lebih lama, yakni 3 hingga 4 hari.

  • Mempersiapkan biaya tak terduga

Keperluan tak terduga saat kehamilan selalu akan dialami, misalnya kamu ingin membeli vitamin atau membeli makanan-makanan yang kamu inginkan (ngidam) dan banyak dari para ibu hamil yang ngidam hal-hal yang terkadang memerlukan biaya yang lumayan besar, dan terkadang perlu bagi kamu untuk melakukan pemerikasaan-pemeriksaan tertentu selain pemeriksaan rutin, sehingga perlu mampersiapkan dana darurat yang dapat digunakan sebagai biaya tak terduga. Atau kamu bisa menjadikan pinjaman online sebagai salah satu pilihan bagi kamu untuk mendapatkan dana yang dapat digunakan disaat-saat yang dibutuhkan. Danafix adalah salah satu dari 144 fintech yang memberikan pinjaman online dan dapat memberika pinjaman dalam waktu 7 menit dan yang pastinya sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. 





Latest articles