06e63d8f cc12 4b9a a4a2 9cbf9972ccb5

Apa Resolusi Keuangan Kamu di 2020?

Setiap tahun kita memikirkan resolusi kita di tahun selanjutnya, dan kita selalu ingin menjadi pribadi yang lebih baik untuk kedepannya. Dan untuk menjadi lebih baik, kita pasti akan belajar dari kesalahan  yang kita lakukan di tahun-tahun sebelumnya dan membuat resolusi untuk menjadi acun bagi kita tentang apa yang harus kita lakukan di tahun ini.

Resolusi yang dilakukan dapat bermacam-macam, salah satunya adalah resolusi keuangan yang dapat membuat siklus keuangan kita jauh lebih dari sebelumnya. Berikut hal-hal yang dapat dilakukan sebagai resolusi keuangan bagi kita di tahun 2020:

  • Tentukan tujuan keuangan 

Di awal tahun ini, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat tujuan keuangan yang jelas dan terukur. Misal: tahun ini kamu mau melunasi semua hutang-hutang kamu. Atau, misal, tahun ini kamu mau punya tabungan untuk DP rumah.

Dengan punya tujuan keuangan yang jelas yang terukur, maka kamu akan lebih mudah mencapai-nya. Tujuan yang tidak jelas hanya akan menjadi penghambat kesuksesan. 

  • Atur arus kas 

Kamu pastinya sudah tahu bahwa arus kas bisa positif atau negatif. Positif artinya uang masuk, dan negatif berarti uang keluar. Artinya, di sini kamu  harus bisa mengendalikan arus kas jika ingin meraih financial freedom.

Gaya hidup yang cenderung konsumtif memungkinkan generasi milenial untuk memiliki arus kas yang negatif.

Apalagi berbagai fasilitas seperti; kartu kredit, Pay Later, voucher diskon, cashback dan lain sebagainya membuat kita lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. Mencatat keuangan setiap waktu akan sangat menolong dalam mengatur arus kas dan stick on budget bulanan kamu.

  • Mulailah Berbisnis 

Dibandingkan uang hanya mengalir begitu saja, lebih baik dialihkan dari pengeluaran belanja konsumtif dengan membuka bisnis kecil-kecilan. Contohnya, online shop dengan menjual aksesoris atau berbagai lainnya. Bahkan bisnis bisa dimulai berdasarkan hobi yang sedang ditekuni.

Tidak perlu menyiapkan modal yang besar apabila hanya untuk sebuah bisnis sampingan. Dengan kocek Rp500 ribu - Rp 1 juta, sudah bisa memulai bisnis sendiri. Dengan membuka bisnis, kamu bisa belajar untuk mengatur keuangan lebih baik lagi. Asalkan mampu memiliki komitmen yang tinggi ketika memulai bisnis, praktis keuntungan pun tidak akan sulit diraih. Jika kamu kekurangan modal untuk melakukannya, kamu dapat melakukan pinjaman di pinjaman online, salah satu contohnya adalah Danafix, karena untuk memulai bisnis online kamu tidak harus menggunakan modal yang besar, sehingga pinjaman online dapat menjadi pilihan bagi kamu sebagai penambah modal usaha.

  • Membuat anggaran belanja 

Belanja adalah salah satu kesenangan yang dilakukan baik itu perempuan maupun pria, nah biasanya kita sering istilahnya “kalap” jika kita belanja barang-barang yang kita senangi. Dengan membuat anggaran belanja kita dapat mengatur pengeluaran per bulan dan dapat menyisihkannya untuk berbelanja setiap bulannya. 




Latest articles