3ea01fc8 77b5 4cb5 a55a dd6a90de300e

Kerjasama Jepang dan Indonesia dalam Memajukan Fintech

Asosiasi Fintech Jepang dan Kementrian Keuangan Jepang melakukan kunjungan ke Indonesia untuk melakukan pertemuan dengan 3 asosiasi yang berada di Indonesia yaitu Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), Asosiasi Fintech Pembiayaan Bersama Indonesia (AFPI) dan Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI).

Tito Yuniarto, Direktur Danafix, menjadi perwakilan P2P lending saat pertemuan dengan Asosiasi Fintech Jepang dan Kementerian Keuangan Jepang


Tito Yuniarto, Direktur PT. Danafix Online Indonesia, menjadi salah satu perwakilan dari platform P2P Lending yang merupakan anggota dari AFPI yang mengikuti pertemuan tersebut menceritakan bahwa, Jepang menganggap Indonesia merupakan negara yang cukup dekat dengan Jepang, karena Indonesia memiliki ratusan perusahaan Jepang, dan ribuan orang Jepang tinggal dan bekerja di Indonesia. Selain itu, mereka menganggap bahwa best practice atau market practice fintech di Indonesia adalah bahwa para perusahaan fintech di Indonesia tidak saling memakan atau menjatuhkan malah saling melengkapi.

Di Jepang, fintech yang paling maju adalah di bidang payment dan equity crowd funding. Untuk bidang peer to peer di Jepang tidak begitu berkembang, sehingga mereka ingin mempelajari apakah kedepannya mereka dapat bekerjasama karena Jepang dan Indonesia tidak berada di satu segmen yang sama.

Pekembangan fintech di Jepang saat ini agak sedikit terkendala, hal ini dikarenakan masyarakat Jepang lebih percaya kepada cash basis transaction dan mereka tidak tertarik dengan perhitungan bunga, hal itu yang ingin mereka pelajari dari Indonesia. Dan apa yang membuat crypto tidak berkembang di Indonesia sementara trend tersebut yang justru paling happening di Jepang, bahkan Jepang adalah negara dengan pedagang cryptocurrency terbanyak di dunia, dengan 3,5 juta jiwa penduduknya yang aktif trading cryptocurrency.  

Pertemuan ini sekaligus menjadi langkah awal atas kolaborasi yang sudah direncanakan di tahun 2020 ini, termasuk diantaranya kemungkinan fintech exhibition di Jepang. 

Latest articles