F331145f b39b 4b24 a9fd fd99500a4c7c

Indahnya Melihat Keceriaan Anak-Anak Pengungsi di Acara “Toy Share With Danafix”

Bersamaan dengan masa liburan akhir tahun 2019, disaat mayoritas warga Jakarta menyambut waktu bersuka ria bersama keluarga, terdapat ribuan anak pengungsi yang tidak bisa merasakan hal yang sama. Inilah mengapa Danafix mendukung acaraToy Share with Danafix”, sebuah program CSR yang diadakan oleh perwakilan pengungsi yang berada di Jakarta.

Saat ini terdapat hampir 14.000 pengungsi di Indonesia yang berasal dari 43 negara. Terdapat sekitar 4,000 - 6,000 pengungsi di Jabodetabek, mayoritas dari mereka berasal dari Afghanistan dan Somalia. Saat interview bersama Khalil, refugees representative in Indonesia, beliau menceritakan tantangan yang dialami pengungsi. “Para pengungsi ini kesulitan mendapatkan pekerjaan karena tidak diizinkan bekerja, dikarenakan status mereka sebagai pengungsi dari negara lain. Anak-anak pengungsi ini pun tidak selalu mendapatkan kesempatan untuk bersekolah”. Oleh karena itu untuk dapat berbagi kebahagian dengan anak-anak ini, Khalil mengajak Danafix bersama beberapa dari participant di Jakarta untuk mengumpulkan beberapa hal yang dapat memberikan suka cita bagi mereka, seperti ada yang meyumbangkan mainan, pakaian, kue, lunch box.

Danafix mendapatkan kesempatan untuk mengumpulkan mainan dan baju layak pakai untuk anak-anak pengungsi dengan rentan umur 3-10 tahun. Kegiatan pengumpulan barang-barang ini diadakan pada tanggal 10-20 Desember 2019, dan acara pembagian mainan tersebut dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2019 di Taman Honda, Tebet, Jakarta Selatan. Saat Renuka (Public Relations Danafix) bersama team Danafix lainnya tiba di Taman Honda, anak-anak pengungsi ini sudah berkumpul dan asik bermain di taman tersebut. Terdapat 100 pengungsi yang hadir, terdiri dari 65 anak-anak dan 35 orang tua. Mereka sudah cukup lama tinggal di Indonesia, sebagian dari mereka ada yang sudah lebih dari 6 tahun tinggal di Indonesia bahkan ada yang sudah lebih dari 8 tahun di Indonesia, sehingga mereka sudah lumayan lancar berbahasa Indonesia. Anak-anak ini sangat antusias, dan terlihat wajah ceria mereka saat menerima bantuan dari Danafix dan beberapa pihak lainnya.

Danafix Toy Share
Tim Danafix di Acara Danafix Toy Share


Selama kegiatan berlangsung acara di awali dengan memberikan waktu bagi anak-anak untuk bermain secara bebas dan bersosialisasi dengan lingkungan disekitar mereka, selanjutnya mereka berkumpul bersama di salah satu area taman kemudian terdapat pemandu yang mengarahkan dan memimpin mereka dalam kegiatan bernyanyi dan menari bersama, dan acara di tutup dengan makan bersama. Terlihat senyum kebahagian mereka yang membuat suasana menjadi sangat ceria pada saat acara berlangsung.

Para pengungsi anak
Para pengungsi anak yang hadir di Taman Honda, Tebet


Renuka, Public Relations Danafix mangatakan bahwa “Anak-anak ini tidak memutuskan untuk menjadi pengungsi, dan mereka berhak untuk menghabiskan masa kecil mereka dengan penuh keceriaan. Kita memiliki pilihan yaitu kita bisa menutup mata terhadap kesulitan mereka, atau kita juga membawa senyuman di wajah mereka. Dan kita dapat dikatakan sukses jika kita bisa berbagi dan membuat banyak orang mendapatkan kebahagian di hidup mereka”.

Fatimah, satu pengungsi dari Afghanistan mengatakan bahwa “Aku sangat senang bisa bermain bersama teman-teman, dan mendapatkan banyak mainan dan makanan, aku senang sekali, terima kasih” 

Acara Danafix Toy Share
Acara Danafix Toy Share, 22 Desember 2019


Latest articles