66af2e58 9b24 4838 9701 37b652d9bab2

Danafix Talks di Universitas Indo Global Mandiri: Mengenal Industri P2P Lending

PALEMBANG, 17 September 2019 - PT. Danafix Online Indonesia mengadakan acara edukasi fintech p2p lending ke Universitas Indo Global Mandiri, Palembang pada tanggal 17 September 2019. Acara ini bertemakan “Peran dan Pemanfaatan Fintech P2P Lending terhadap Ekonomi Digital Indonesia”. Acara diisi oleh Renuka, Lead PR Danafix, dan Angga Aliya ZR, Managing Editor DetikFinance yang sharing mengenai fintech (financial technology) dan industry P2P lending kepada sekitar 60 mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri di kota Palembang. Turut hadir pula Wakil Ketua Rektor UIGM Bapak John Roni Coyabda S.Kom.M.Si dan para dosen dan dekan.

Selama sesi, para peserta antusias menyimak sharing yang diberikan. Renuka menjelaskan bahwa perkembangan teknologi saat ini membawa banyak dampak positif yang bisa dinikmati masyarakat. Contohnya adalah kemudahan transaksi online, dan kemudahan mendapatkan pinjaman online. “Saat ini, Anda bisa terima dana hanya dalam 1 jam setelah pengajuan, langsung ditransfer ke rekening Anda. Bayangkan, layanan ini belum ada 3-4 tahun lalu”, ujar Renuka.


Renuka juga menjelaskan bahwa perputaran uang di layanan pinjaman online luar biasa besar. “Sepanjang tahun lalu ada Rp24 triliun dana dipinjamkan dari seluruh perusahaan P2P lending. Sedangkan tahun ini hingga bulan Juni 2019 saja sudah ada Rp45 triliun yang disalurkan dari P2P lending”. Kemajuan sektor fintech, khususnya P2P lending ini diamini juga oleh Angga, Managing Editor DetikFinance. “Terasa sekali sejak tahun lalu banyak berita mengenai pinjaman online ini, namun sayangnya banyak yang negatif”.

Keduanya kemudian menjelaskan mengenai dampak negatif keberadaan P2P lending ini. Namun keduanya sepakat dampak negatif ini terjadi akibat dari banyaknya P2P lending illegal. Oleh karena itu, masyarakat perlu menjauhi pinjaman online illegal dan hanya menggunakan P2P lending yang terdaftar di website OJK, atau telepon ke 157 untuk memastikan.


Acara Danafix Talks di Palembang adalah acara ke-10 yang diadakan oleh Danafix sepanjang tahun 2019. Danafix Talks adalah rangkaian roadshow yang diselenggarakan Danafix sebagai upaya edukasi kepada masyarakat terhadap kemajuan industri fintech P2P lending, serta pemanfaatan layanan P2P lending secara bijak. Rangkaian edukasi ini dilakukan sebagai usaha membantu OJK dalam melakukan edukasi terhadap publik agar meningkatkan pemahaman mengenai penggunaan layanan P2P lending yang baik. 

Latest articles