0b6aeb66 4c27 4411 bd3a 333388f37899

Danafix Talks di Denpasar: Penutup Campus Roadshow di 12 Kota Selama 2019

DENPASAR, 04 Oktober 2019 - PT. Danafix Online Indonesia melaksanakan edukasi mengenai fintech Peer to Peer (P2P) Lending di Universitas Udayana, Denpasar, Bali, pada tanggal 04 Oktober 2019 yang dihadiri oleh mahasiswa dari jurusan Ekonomi. Acara ini bertemakan “Peran dan Pemanfaatan Fintech P2P Lending terhadap Ekonomi Digital Indonesia”. Adapun pengisi acara ini adalah Tito Yuniarto, Direktur Danafix, dan Angga Aliya ZR Firdaus Managing Director DetikFinance yang memberikan pemaparan mengenai financial technology terutama di dalam industri P2P Lending dan mengenai ekonomi digital Indonesia.


Sosialisasi perlu dilakukan karena tingkat literasi jauh lebih rendah dari tingkat inklusi berdasarkan informasi dari Deputi Direktur Edukasi OJK Jalius, seperti dikutip inews.com. Menurut survei nasional OJK di tahun 2016 tingkat literasi dan inklusi perempuan Indonesia hanya mencapai 22,5 persen dan 66,2 persen, lebih rendah dibandingkan dengan tingkat literasi dan inklusi laki-laki di angka 33,2 persen dan 69,6 persen. 

Dengan melihat hal tersebut, Danafix membuat program sosialisasi, dimana rangkaian roadshow bernama Danafix Talks ini diselenggarakan di-12 kota di Indonesia, yaitu 6 di pulau Jawa dan 6 di luar pulau Jawa. Dan rangkaian sosialisasi terakhir diselenggarakan di Bali pada tanggal 04 Oktober 2019 yang bertempatkan di Universitas Udayana, Denpasar, Bali. Acara ini diselenggarakan sebagai upaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terutama generasi milenials mengenai kemajuan industri fintech P2P Lending, serta pemanfaatan layanan P2P Lending secara bijak. Rangkaian edukasi ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu OJK dalam hal mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan pemahaman mengenai penggunaan layanan P2P Lending yang baik dan untuk meningkatkan literasi keuangan.


Danafix ingin berkontribusi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terutama generasi milenials, yang dimana generasi ini adalah generasi yang melek akan teknologi yang harus mengetahui mengenai perkembangan teknologi saat ini terutama dalam bidang keuangan. Dengan melihat pesatnya perkembangan teknologi keuangan saat ini, yang dimana pinjaman online dan dompet digital bertumbuh sangat cepat sehingga masyarakat sudah banyak yang mengakses dan menggunakannya seperti contoh pinjaman online, berdasarkan berita yang dikutip dari Detik.com, penyaluran dana pinjaman online ke masyarakat berjumlah Rp. 24 triliun sepanjang 2018 dan saat ini angkanya bertambah pesat mencapai Rp. 45 triliun di sepanjang tahun 2019. Acara Danafix Talks adalah acara yang akan dilaksanakan setiap tahunnya, dan diselenggarakan di 12 kota di Indonesia dengan kota yang berbeda setiap tahunnya, sehingga masyarakat Indonesia akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan edukasi mengenai Financial Technology.

Latest articles