9bcdc06d 2529 4b8b add2 ad412b74f428

Bagaimana Caranya Bonus Akhir Tahun Tidak Sekedar Numpang Lewat?

Memasuki bulan Desember biasanya kita memilih untuk berlibur ataupun menghabiskan waktu untuk berbelanja karena biasanya pada akhir tahun akan banyak “End Year Sale”. Belum lagi kita harus membelikan hadiah-hadiah yang akan dibagikan ke sanak saudara, hal ini pasti nya akan menghabiskan banyak uang, dan tanpa kita sadari kita menggunakan bonus akhir tahun dengan tidak bijak.

Ilustrasi Bonus
Ilustrasi Bonus



Nah, oleh karena itu, berikut ini ada beberapa pengingat untuk kamu mengenai bagaimana mengatur bonus akhir tahun agar tidak sekedar numpang lewat saja:

• Prioritaskan Untuk Melunasi Utang

Bonus akhir tahun dapat digunakan untuk melunasi utang, misalkan jika kita memiliki beban utang lebih dari 30%, maka bonus akhir tahun dapat digunakan untuk meringankan cicilan yang ada, sehingga kita tidak berat untuk membayar sisa dari beban utang yang kita miliki. Atau bonus akhir tahun dapat digunakan untuk melunasi utang yang ada.

• Membeli Barang Sesuai Dengan Kebutuhan 

Kebiasaan buruk kita adalah membeli barang bukan sesuai dengan kebutuhan melainkan sesuai dengan keinginan, hal ini tanpa kita sadari akan merusak pola mengatur keuangan kita. Oleh karena itu hindari membeli barang yang kita inginkan melainkan beli barang sesuai dengan yang kita butuhkan. 

• Menyiapkan Dana Darurat

Bonus akhir tahun dapat menjadi tambahan untuk menyiapkan dana darurat sehingga hal ini menghindari kita untuk melakukan pinjaman saat menghadapi keadaan yang mendesak. Berdasarkan dari hasil survey Danafix Bersama Jakpat terdapat sekitar 70% responden yang mempunyai dana darurat, meskipun dalam jumlah bervariasi. Di sisi lain, ada sekitar 8% yang tidak punya tabungan untuk darurat. Hal ini menunjukkan sisi positif, dimana masyarakat Indonesia mulai mengerti akan pentingnya memiliki dana darurat. 

• Reward Untuk Diri Sendiri

Pentingnya bagi kita untuk memberikan reward untuk diri kita sendiri, dengan menyisihkan sedikit dari bonus akhir tahun untuk memberikan penghargaan bagi diri sendiri karena setahun kita sudah bekerja dengan keras dan bonus akhir tahun adalah hasil jerih payah kita yang dapat kita gunakan untuk menyenangkan diri kita sendiri dengan membeli atau melakukan hal-hal yang kita senangi. 

• Berinvestasi 

Berinvestasi adalah salah satu cara menggunakan bonus akhir tahun yang bermanfaat. Berdasarkan kutipan yang diambil dari Oke Finance: “bila Anda menginginkan investasi jangka panjang, maka Anda bisa menggunakan investasi reksa dana dan saham dengan jangka waktu dari 5-10 tahun, Sedangkan untuk investasi jangka pendek, investasi emas mampu berikan keuntungan menarik dalam kurun waktu 1-3 tahun saja, atau, Anda dapat pula memilih deposito yang memiliki tingkat bunga yang terus menerus meningkat setiap tahunnya.” Dari kutipan diatas terlihat bahwa beragam jenis investasi yang dapat menjadi pilihan bagi kita, sehingga kita dapat memilihnya sesuai dengan waktu dan tingkat kemampuan yang kita miliki.



Latest articles