C1e412b9 0719 4f62 9ef7 9d25a96319ab

5 Tips Budgeting Liburan Akhir Tahun

Menjelang akhir tahun hal yang paling ditunggu-tunggu adalah liburan. Sebagian orang bahkan telah merencanakannya jauh-jauh hari agar mereka bisa mendapatkan tiket yang murah, karena akhir tahun sudah memasuki “peak season”. Andy Nugroho, seorang perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) seperti dikutip portal MSN.com, menjelaskan “Untuk momentum liburan, baik itu libur perayaan hari besar agama, libur akhir tahun, atau liburan apa pun, sebaiknya memang diatur dan dianggarkan untuk budgeting-nya.” 

Credit: pexels.com


Nah, agar dapat tetap menikmati akhir tahun dengan menyenangkan maka diperlukan untuk membuat budgeting untuk akhir tahun sehingga kamu dapat mengatur pola keuangan kamu dengan bijak. Berikut beberapa hal yang dirangkum tim Danafix agar membantu kamu merencanakan budget akhir tahun:

  • Membeli tiket dan memesan akomodasi jauh hari

Biasanya jika kita memesan tiket atau akomodasi dari jauh-jauh hari maka harga yang ditawarkan masih relative rendah dibandingkan dengan kita membelinya mendekati akhir tahun. Bahkan, disarankan untuk merencanakan liburan setahun sebelumnya, dan memesan tiket hingga 6 bulan sebelum tanggal liburan.

  • Promo spesial

Manfaatkan berbagai promo yang tersedia, serta gunakan layanan yang bisa mempermudah memilih dan merencanakan liburan dengan lebih murah. Misalnya, kamu bisa memilih tiket pesawat dengan website SkyScanner bisa memberikan harga tiket lebih murah. Kamu juga bisa memilih akomodasi dengan website Trivago. Manfaatkan pula promo yang bisa kamu dapatkan dengan cara redeem poin belanja, seperti Telkomsel Point, Go-Point, dan sebagainya. Jangan lupa, manfaatkan pula poin kartu kredit kamu, khususnya yang akan hangus pada akhir tahun.

  • Jangan mengambil utang untuk berlibur

Jangan berhutang untuk berlibur, karena dampaknya akan terasa lama setelah liburan berakhir. Jangan sampai kamu masih membayar cicilan hutang setelah liburan selesai. Selain itu, kamu juga harus membayar bunga hutang tersebut, dan ini akan menyulitkan kamu menabung.

  • Membatasi penggunaan kartu kredit

Kartu kredit memiliki sisi positif jika kita gunakan pada saat melakukan liburan, karena biasanya kartu kredit sering kali memberikan poin-poin bahkan promo yang dapat digunakan untuk meringankan biaya untuk membayar hotel dan penerbangan. Menurut  katadata.co.idSebaiknya tetap membatasi penggunaan kartu kredit selama liburan. Tentunya Kamu tak ingin tagihan kartu kredit yang datang setelah liburan lebih besar dari gaji bulan depan, bukan?

  • Buat “tradisi” yang berkesan

Liburan yang berkesan tidak harus menghabiskan banyak uang. Ada beberapa contoh “tradisi” atau kebiasaan-kebiasaan tertentu dalam liburan yang hemat namun berkesan, misalnya:

  1. Tukar kado dengan limit budget tertentu
  2. Adakan acara masak bersama yang melibatkan semua orang
  3. Mengadakan acara menonton film bersama lengkap dengan cemilan



Demikian 5 tips berlibur akhir tahun agar liburan kamu menyenangkan, namun tetap bertanggungjawab dalam hal keuangan. Nah, apabila kamu benar-benar membutuhkan dana tambahan untuk berlibur, maka kamu bisa gunakan pinjaman dari Danafix. Cukup download aplikasi Danafix dari Google Playstore, atau buka www.danafix.id, lalu isi aplikasinya dan terima dana di hari yang sama. Selamat berlibur! 


Latest articles