Syarat dan Ketentuan

  1. Definisi

    § 1

    Dalam Syarat dan Ketentuan Layanan ini, untuk selanjutnya disebut "Syarat dan Ketentuan", kata-kata berikut harus diartikan sebagai:

    1. "Aplikasi"– aplikasi mobile Danafix termasuk semua pembaruan, rilis, perbaikan bug, dan perangkat tambahan yang disediakan oleh Danafix kepada Pengguna berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini;
    2. "PT Danafix Online Indonesia atau Danafix"– Penyedia Layanan, yaitu PT Danafix Online Indonesia, sebuah perseroan terbatas yang didirikan atas dan berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia dan memiliki tempat kedudukannya di Menara DEA Tower 2, Lantai 2, Jl. Mega Kuningan Barat Kav. E4.3 No.1-2, RT.5/RW.2, Kuningan Timur, Setiabudi, DKI Jakarta 12950;
    3. "Alat"– browser Danafix plug-in;
    4. "Pengguna"– orang perseorangan, badan hukum atau organisasi tidak berbadan hukum, namun memiliki kewenangan hukum berdasarkan peraturan perundang-undang, dengan menggunakan layanan yang ditawarkan oleh Danafix melalui Aplikasi atau Alat;
    5. “Pemberi Pinjaman”- orang perseorangan, badan hukum atau organisasi tidak berbadan hukum, namun memiliki kewenangan hukum yang sah, secara profesional terlibat dalam pemberian kredit atau kegiatan serupa berdasarkan kesepakatan antara Danafix dan Pengguna;
    6. "Jaringan Sosial"- layanan seperti Facebook.com, Google+, Twitter, LinkedIn;
    7. "Layanan"- pengelolaan dan pengoperasian Aplikasi atau Alat untuk mempertemukan Pemberi Pinjaman dan Pengguna untuk memberikan kredit atau aktivitas serupa dengan itu.
  2. Ketentuan Umum

    § 2

    Syarat dan Ketentuan Layanan ini mengatur aturan-aturan pemberian layanan oleh Danafix kepada Pengguna, dimana Layanan tersebut memungkinkan Pengguna:

    1. mengunduh Aplikasi atau Alat;
    2. mengekstrak dari perangkat Pengguna yang menggunakan Aplikasi atau Alat, dimana data yang dapat digunakan untuk penilaian keandalan keuangannya;
    3. membuat profil awal Pengguna berdasarkan data di atas;
    4. mentransfer profil Pengguna ke Pemberi Pinjaman yang dipilih oleh Pengguna;

    § 3

    1. Persyaratan minimal untuk menginstal dan menggunakan Aplikasi adalah sebagai berikut:
      1. sistem operasi: Android
      2. akses ke internet.
    2. Persyaratan minimal untuk menginstal dan menggunakan Alat adalah sebagai berikut:
      1. browser
      2. akses ke internet.

    § 4

    Dilarang memasang Aplikasi atau Alat pada perangkat yang tidak dimiliki Pengguna secara eksklusif, terutama pada perangkat orang lain atau perangkat yang juga digunakan oleh orang lain selain Pengguna.

    § 5

    1. Dilarang melakukan segala tindakan yang dimaksudkan untuk menganggu perangkat lunak Aplikasi atau Alat, termasuk namun tidak terbatas untuk membongkar, mendekompilasi atau membuat rekayasa terbalik.
    2. Dilarang menambahkan apapun ke Aplikasi atau Alat yang memiliki sifat melawan hukum, yang berarti melanggar peraturan perundang-undangan, aturan melanggar kesusilaan, kesopanan atau hak moral pihak ketiga yang berlaku.

    § 6

    Pemasangan Aplikasi atau Alat tidak dipungut biaya.

  3. Pemasangan Aplikasi atau Alat

    § 7

    1. Danafix memungkinkan Pengguna memasang Aplikasi atau Alat di perangkatnya, terutama di komputer, smartphone atau tablet.
    2. Alat ditujukan untuk melakukan instalasi di browser Internet yang digunakan oleh Pengguna. Sedangkan Aplikasi ditujukan untuk melakukan instalasi pada perangkat telekomunikasi dengan Android atau iOS operasi sesuai persyaratan ditentukan dalam Pasal 3 Syarat dan Ketentuan ini.

    § 8

    Sebelum memulai menjalankan Aplikasi atau Alat, Pengguna memberikan persetujuan atas Syarat dan Ketentuan ini terlebih dahulu.

    Dengan mendaftar di Aplikasi Seluler Danafix dan mencentang dalam kotak “menyetujui” Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini, Pengguna mengonfirmasi pemberitahuan kepada bank Pengguna tentang penggunaan perangkat lunak Instantor dan setuju mengizinkan Danafix untuk mengakses rekening internet bank Pengguna. Penerimaan oleh Pengguna ini sepenuhnya sukarela dan sah. Karenanya, Danafix tidak akan menanggung risiko hukum atau akibat negatif pada citra Danafix.

    § 9

    Untuk menjalankan Aplikasi atau Alat Pengguna harus memberikan nomor teleponnya.

    § 10

    Pengguna berhak menghapus pemasangan Aplikasi atau Alat kapan saja.

    § 11

    1. Danafix dapat berhenti memberikan layanan yang berhubungan dengan Aplikasi atau Alat, jika:
      1. Danafix sedang dalam proses likuidasi
      2. Danafix memutuskan untuk menghentikan operasional 'Aplikasi’ atau ‘Alat’ karena perubahan peraturan perundang-undangan, putusan pengadilan atau lembaga administratif yang berakibat Danafix tidak dapat mengoperasionalisasikan “Aplikasi” atau “Alat”, atau karena ketidakmampuan ekonomis dari Aplikasi atau Alat.
    2. Danafix dapat memblokir penggunaan Aplikasi atau Alat oleh Pengguna, jika Pengguna telah melanggar ketentuan Pasal § 4 atau § 5 Syarat dan Ketentuan ini. Pengguna harus melindungi, memberikan ganti rugi, dan mencegah Danafix dari dan terhadap klaim, laporan, permohonan, tindakan hukum, gugatan, pertanggungjawaban, kerugian, kerusakan, biaya, atau biaya apapun (termasuk, namun tidak terbatas pada biaya konsultan hukum) yang timbul dari atau sehubungan dengan tindakan tersebut terhadap putusan pengadilan atau lembaga administratif, pengadilan dan/atau pers.
  4. Pemasangan Aplikasi atau AlatEkstraksi Data dan Membuat Profil Awal

    § 12

    Dengan menggunakan Aplikasi atau Alat, Pengguna dapat secara otomatis mengekstrak dari data yang diatur dalam Pasal § 15 Syarat dan Ketentuan. Data yang dinilai oleh Danafix memadai digunakan untuk penilaian kemampuan finansial Pengguna dan sebagai dasar untuk pembuatan profil awal.

    § 13

    Setelah ekstraksi data yang memadai, Danafix menyediakan profil awal, yang dapat dikirim oleh Pengguna dengan menggunakan Aplikasi atau Alat kepada Pemberi Pinjaman yang dipilih. Untuk tujuan ini, Pengguna harus memilih Pemberi Pinjaman untuk mentransfer profil awal yang sudah dibuat mereka sendiri menggunakan Aplikasi atau Alat.

    § 14

    Pengguna dapat berulang kali menggunakan Layanan. Pada saat Pengguna menggunakan Layanan kedua kalinya atau seterusnya, data yang digunakan untuk penilaian kemampuan finansialnya akan diekstrak secara baru dari perangkatnya dan profil awal dibuat berdasarkan data terakhir mereka. Jika ada perbedaan datanya, Danafix harus mengacu pada data yang terakhir.

    § 15

    Untuk membuat profil awal, Aplikasi Pengguna atau Alat akan melakukan ekstrak data secara memadai dari perangkat Pengguna dimana akan menganalisis data Pengguna berikut:
    1. kamera
    2. lokasi fisik perangkat (jika tersedia);
    3. mikrofon

    § 16

    Danafix meyatakan bahwa pembuatan profil awal dipahami sebagai penyediaan informasi, berdasarkan data yang diambil dari data yang diesktrak dalam Pasal § 15, dimana pemberian kredit kepada Pengguna dapat dikaitkan dengan potensi risiko Kredit.

  5. Hak Cipta

    § 17

    1. Setelah menginstal Aplikasi atau Alat, Danafix memberikan kepada Pengguna lisensi untuk penggunaan Aplikasi atau Alat. Lisensi diberikan untuk wilayah yang tidak terbatas, dan termasuk hak untuk memperbanyak hanya sejauh diperlukan untuk memulai, mengoperasikan dan menyimpan Aplikasi atau Alat di perangkat Pengguna.
    2. Perjanjian ini tidak memberikan kepada Pengguna kepemilikan apapun atas Aplikasi atau Alat. Pengguna dengan ini setuju dan mengakui bahwa Danafix memiliki semua hak, kepemilikan, dan kepentingan dalam Aplikasi atau Alat dan Pengguna tidak akan merebut hak-hak tersebut atau terlibat dalam tindakan yang bertentangan dengan hak tersebut. Danafix secara tegas mencadangkan semua hak yang tidak diberikan kepada Danafix berdasarkan Perjanjian ini.
  6. Keluhan

    § 18

    1. Semua keluhan tentang layanan oleh Danafix diajukan ke Danafix via surat elektronik pada alamat e-mail berikut [email protected], melalui pos langsung ke alamat Danafix yang terdapat dalam § 1.2 Syarat dan Ketentuan atau orang yang berwenang dalam kantor Danafix seperti yang dijelaskan dalam Pasal § 1.2 Syarat dan Ketentuan.
    2. Keluhan harus disampaikan secara rinci oleh Pengguna dimana Pengguna juga harus mengirimkan hasil pertemuan atau segala komunikasi dengan Danafix tentang pengaduan dan deskripsi penyimpangan dalam Layanan yang dilakukan oleh Danafix.
    3. Danafix akan mempertimbangkan keluhan tersebut dan menginformasikan Pengguna dalam waktu 20 hari sejak diterimanya setelah dilakukan pertimbangan atas keluhan tersebut.
  7. Hak untuk Mengakhiri Syarat dan Ketentuan Layanan

    § 19

    1. Pengguna berhak untuk mengakhiri dari Syarat dan Ketentuan Layanan Danafix tanpa memberikan alasan. Hak untuk mengakhiri dianggap tidak dipergunakan setelah 14 hari dari tanggal kesepakatan ini.
    2. Agar dapat menggunakan hak mengakhiri, Pengguna harus menginformasikan Danafix tentang keputusannya atas pengakhiran tersebut dengan pernyataan tertulis yang jelas (misalnya surat yang dikirim ke alamat kantor Danafix atau melalui email ke [email protected]).
    3. Untuk mengetahui jangka waktu pengakhiran, cukup bagi Pengguna untuk mengirimkan informasi tentang pelaksanaan penarikan sebelum periode pengakhiran berlalu.
    4. Danafix menginformasikan Pengguna bahwa Pengguna tidak berhak untuk mengakhiri kesepakatan atas penyediaan Layanan Danafix (terdiri dari ekstraksi data dan pembuatan profil awal Pengguna) jika i). Layanan tersebut telah diberikan secara lengkap atas persetujuan Pengguna yang sah dan ii). Pengguna telah diinformasikan sebelum Danafix memberikan Layanan, walaupun jangka waktu pengakhiran Syarat dan Ketentuan pada ayat 1 Pasal ini belum berakhir.
  8. Data Pribadi

    § 20

    1. Untuk mendapatkan manfaat dari Layanan yang tersedia dalam Aplikasi atau Alat, Pengguna harus mengisi formulir masing-masing. Pengisian formulir diperlukan untuk memberikan data pribadi Pengguna. Dalam korespondensi dengan Danafix, Pengguna dapat memberikan data pribadinya agar memungkinkan Danafix untuk menanggapi.
    2. Menyediakan data pribadi bersifat sukarela dan Pengguna memberikan persetujuan tanpa ada penipuan, paksaan dan kekhilafan, dan Pengguna memperoleh manfaat dari layanan yang ditawarkan dalam Aplikasi atau Alat.
    3. Semua data pribadi yang diberikan kepada Danafix oleh Pengguna diproses sesuai dengan ketentuan hukum Indonesia, terutama berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik dan peraturan terkait yang mengatur perlindungan data pribadi.

    § 21

    1. Danafix adalah pihak yang menguasai/pemegang hak data pribadi.
    2. Danafix dapat mempercayakan entitas lain untuk memproses data pribadi yang diberikan Pengguna, sesuai dengan kesepakatan yang disepakati dengan entitas tersebut dan Pengguna telah setuju untuk memberikan hak kepada Danafix yang tidak dapat ditarik kembali dan tidak dapat dibatalkan tanpa alasan apapun untuk mengalihkan hak akses, hak untuk distribusi dan memproses data Pengguna ke pihak ketiga untuk Tujuan selain dari Layanan ini sebagaimana dimaksud pada Pasal § 22 di bawah ini.
    3. Untuk melakukan Layanan yang tersedia dalam Aplikasi atau Alat, akses ke data Pengguna diberikan kepada Pemberi Pinjaman berdasarkan kontrak terpisah dengan Danafix

    § 22

    1. Pengguna berhak mengakses data pribadinya dan untuk memperbaikinya.
    2. Mengenai data yang diberikan kepada Pemberi Pinjaman, permintaan yang dijelaskan di ayat 1 bagian ini juga harus ditujukan kepada Pemberi Pinjaman yang bersangkutan.
    3. Berdasarkan persetujuan Pengguna, Danafix dapat membuat data pribadi Pengguna tersedia bagi Pemberi Pinjaman untuk tujuan data verifikasi, penilaian risiko, tujuan marketing dan penagihan utang (“Tujuan”). Setiap perubahan untuk Tujuan tersebut harus segera disampaikan kepada Pengguna.

    § 23

    Danafix memproses data pribadi Pengguna dan menggunakannya dalam lingkup, dan untuk tujuan yang diperlukan untuk melakukan layanan yang ditawarkan melalui Aplikasi atau Alat dan untuk menghindari keraguan, Danafix harus menjelaskannya kepada Pengguna.

    § 24

    Data pribadi yang dikumpulkan oleh Danafix dapat dialihkan ke otoritas negara yang berwenang sesuai dengan ketentuan hukum atau peraturan yang mengikat di pengadilan yurisdiksi yang berwenang atau bursa efek yang diakui atau departemen atau badan pemerintah atau peraturan sesuai dengan yurisdiksi Pengguna.

    § 25

    Danafix harus menggunakan sarana teknis yang dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan mengenai perlindungan data pribadi untuk mencegah orang yang tidak berhak untuk mengakses, memperoleh dan memodifikasi data pribadi yang disediakan dengan sarana elektronik.

    § 26

    Pengguna dilarang memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari Layanan yang diberikan melalui Aplikasi atau Alat secara anonim atau dengan nama panggilan.

    § 27

    1. Danafix juga harus mendaftarkan alamat IP Pengguna yang dipergunakan untuk mengakses Aplikasi atau Alat.
    2. Berdasarkan alamat IP dan lokasi Pengguna yang terhubung dengannya, Danafix wajib mengoptimalkan konten Aplikasi atau Alat agar sesuai dengan kebutuhan Pengguna semaksimal mungkin.
  9. Ketentuan Penutup

    § 28

    1. Hukum yang berlaku dan mengatur Syarat dan Ketentuan ini adalah Hukum Negara Republik Indonesia;
    2. Perbedaan pendapat atau perselisihan yang timbul antara Danafix dan Pengguna sehubungan dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini akan diselesaikan secara musyawarah terlebih dahulu antara Danafix dan Pengguna.
    3. Dalam hal musyawarah dapat menyelesaikan permasalahan tersebut, maka Danafix dan Pengguna akan menuangkannya dalam bentuk tertulis yang ditandatangani oleh Danafix dan Pengguna yang merupakan kesatuan dari Perjanjian ini;

    § 29

    1. Apabila dalam jangka waktu paling lama 40 (empat puluh) hari terhitung sejak timbulnya perselisihan oleh Danafix dan Pengguna tersebut tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, maka Danafix dan Pengguna sepakat untuk menyelesaikan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat berdasarkan peraturan perundangan-undangan yangberlaku;
    2. Danafix dan Pengguna memilih domisili hukum yang tetap dan tidak berubah pada kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

    § 30

    1. Syarat dan Ketentuan dan dokumen lain yang diberikan harus:
      1. versi bahasa bilingual dalam bahasa Inggris dan Indonesia; atau
      2. disertai dengan terjemahan bahasa Inggris dengan penerjemah tersumpah atau hanya versi bahasa Inggris.
    2. Tanpa mengesampingkan poin 1 di atas:
      1. dalam hal terjadi konflik antara versi bahasa Inggris dan versi bahasa Indonesia dari Syarat dan Ketentuan ini, versi Bahasa Inggris akan berlaku, dan versi Bahasa Indonesia di sini akan diubah agar sesuai dengan ketentuan dalam versi bahasa Inggris; dan
      2. Danafix dan Pengguna tidak akan (dan tidak mengizinkan atau membantu pihak manapun) dengan cara atau forum apa pun di wilayah hukum manapun, menantang keabsahan, atau mengajukan atau mengajukan keberatan atas, Syarat dan Ketentuan ini atau transaksi yang dimaksud di sini atas dasar kelalaian/kesalahan untuk mematuhi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera Nasional, Bahasa, Lambang dan Lagu oleh Pemerintah Indonesia atau peraturan pelaksanaannya

    § 31

    Syarat dan Ketentuan dapat ditemukan di https://danafix.id/ dan di alamat terdaftar Danafix seperti yang dijelaskan dalam ketentuan § 1 dan 2 Syarat dan Ketentuan.

Terms and Conditions

  1. Definitions

    § 1

    In these Terms and Conditions of Services, hereinafter referred to as “Terms and Conditions”, the following words should be interpreted as:

    1. "Application"– Danafix’s mobile application including all updates, releases, bug fixes, and enhancements thereto provided by Danafix to User under these Terms and Conditions;
    2. "PT Danafix Online Indonesia atau Danafix"– the Service Provider, i.e. PT Danafix Online Indonesia, a limited liability company duly established and existing under and by virtue of the laws of the Republic of Indonesia, having its domicile at Menara DEA Tower 2, Lantai 2, Jl. Mega Kuningan Barat Kav. E4.3 No.1-2, RT.5/RW.2, Kuningan Timur, Setiabudi, DKI Jakarta 12950 Indonesia;
    3. "Tool"– Danafix’s browser plug-in;
    4. "User"– natural person, legal person or organizational unit without legal personality, but with statutory legal capacity, using Services offered by Danafix through Application or Tool;
    5. “Lender” – natural person, legal person or organizational unit without legal personality, but with statutory legal capacity, professionally engaged in credit or similar activities by virtue of the agreement between Danafix and the User;
    6. “Social Network”– Services such as Facebook.com, Google+, Twitter, LinkedIn;
    7. “Services”– management and operation of the Application or Tool to meet Lender and the User to arrange a credit or similar activities.
  2. General Provisions General Provisions

    § 2

    The Terms and Conditions define the rules of providing Services by Danafix to Users, which Services let Users:

    1. install the Application or the Tool;
    2. extract from the User’s device using the Application or the Tool, data which can be used for the assessment of his or her financial reliability;
    3. create User’s initial profiles on the basis of above data;
    4. transfer initial profiles to the Lenders selected by the User;

    § 3

    1. The minimal requirements to install and use the Applications are as follows:
        operating system: Android access to the Internet.
    2. The minimal requirements to install and use the Tool are as follows:
      1. browser,
      2. access to the Internet.

    § 4

    It is forbidden to install Application or Tool on a device which is not in User’s exclusive possession, especially on other people’s devices or on devices also used by other people besides User.

    § 5

    1. It is forbidden to take any actions aimed at interference in the Application or the Tool software, including but not limited to disassemble, decompile or make reverse engineered.
    2. It is forbidden to add to the Application or the Tool any content of illegal nature, which means breaching applicable legal rules, rules of social coexistence or moral rights of third parties.

    § 6

    The installation of the Application or the Tool is free of charge.

  3. Installation of the Application or the Tool

    § 7

    1. Danafix enables User to install the Application or the Tool on his or her device, especially on a computer, a smartphone or a tablet.
    2. The Tool is designated for installing in the Internet browser used by User. Whereas Application is designated for installing on devices with the operating Android or iOS in their versions indicated in the provision of § 3 of Terms and Conditions.

    § 8

    Before starting of Application or Tool, it shall be necessary to accept the Terms and Conditions.

    By registering on the mobile application of Danafix and ticking in an “agreeing” box to this Terms and Conditions of Use, User confirms sending notice to User’s bank about using Instantor software and agree to empower Danafix to access to User’s internet banking account. This acceptance by User is completely voluntary and legal. Therefore, Danafix shall not have to bear any legal risks or negative effects on the Danafix’s image.

    § 9

    To start the Application or the Tool User has to provide his or her telephone number.

    § 10

    User is entitled to uninstall Application or Tool at any time.

    § 11

    1. Danafix can cease providing Services connected with Application or Tool, if:
      1. Danafix is under liquidation,
      2. Danafix decides to terminate Application’ or Tool’ operations because of amendments to the law, judicial or administrative decisions which would be unable further Application’ or Tool’ operations, or because of economic non-viability of the Application or the Tool.
    2. Danafix can block User’s use of the Application or the Tool, if User has breached the provisions of § 4 or § 5 of Terms and Conditions. The User shall defend, indemnify, and hold Danafix from and against any claim, report, petition, action, proceeding, liability, loss, damage, cost, or expense (including, without limitation, attorneys' fees), arising out of or in connection with the mentioned action to any judicial or administrative decision, court and/or pers .
  4. Extraction of Data and Creation Of Initial Profile

    § 12

    By using the Application or the Tool, the User can automatically extract from the data indicated in provision § 15 of Terms and Conditions. Adequate data which are used for the assessment of his or her financial reliability and creation of an initial profile on their basis.

    § 13

    After extraction of adequate data, Danafix provides the initial profile, which can be sent by the User using the Application or the Tool to the selected Lender. For this purpose, User has to choose Lenders whom he or she wants to transfer his or her own initial profile after it has been created using the Application or the Tool.

    § 14

    The User can repeatedly use above described Service. However, while every subsequent use of the Service, the data needed for the assessment of his or her financial reliability are newly extracted from his or her device and the initial profile is created on their basis. If any difference of the data, Danafix shall rely upon the new one.

    § 15

    To create an initial profile of the User the Application or the Tool extract adequate data from the User’s device analyzing the following data of the Users:

    1. camera;
    2. device physical location (if available);
    3. microphone;

    § 16

    Danafix draws attention that creation of the initial profile shall be understood as providing information, based on data extracted from the data indicated in § 15, whether granting credit to the User could be connected with the potential risk for the Lender.

  5. Copyrights

    § 17

    1. Upon installation of the Application or the Tool, Danafix grants to the User a license for the use of the Application or the Tool. The license is granted for an unlimited territory, and it includes the right to reproduce only in so far as it is necessary to start, operate and store the Application or the Tool in the User’s device.
    2. This Agreement does not grant to User any ownership interest in the Application or the Tool. The User hereby agrees and acknowledges that Danafix owns all right, title, and interest in the Application or the Tool and the User will not contest those rights or engage in any conduct contrary to those rights. Danafix expressly reserves all rights not granted to Danafix by this Agreement.
  6. Complaints

    § 18

    1. All complaints regarding Services by Danafix shall be filed to Danafix via electronic mail at the following e-mail address [email protected] in the mail directly to Danafix address provided in § 1.2 of Terms and Conditions or person for the record in the Danafix office as described in § 1.2 of Terms and Conditions.
    2. The complaint should include User’s details which are necessary to send information about the outcome of deliberation of the complaint and the description of irregularities in Service performed by Danafix.
    3. Danafix shall deliberate the complaint and inform User within 20 days from the day of receiving it after the outcome of deliberation of the complaint.
  7. Right of Withdrawal from the Agreement on Provision of Services

    § 19

    1. The User shall have the right to withdraw from Danafix Service agreement without giving a reason. The period of withdrawal shall elapse after 14 days from concluding an agreement.
    2. In order to use the withdrawal right, User must inform Danafix about his/her decision about the withdrawal by means of a clear statement in writing (for instance a letter sent at the address of Danafix office or via email to [email protected] ).
    3. In order to observe the period of withdrawal, it shall be sufficient for User to send information about the performance of the withdrawal right before the withdrawal period elapses.
    4. Danafix informs User that he or she is not entitled to withdraw from an agreement of providing Service consisting in extraction of data and creation of initial profile on their basis, if i). the Service is completely provided, upon User’s clear consent, before lapse of the term of withdrawing from this Term and Condition on paragraph 1, and ii). User was informed before starting of providing Service, that after making a performance by Danafix, User loses an entitlement of withdrawing from the agreement.
  8. Personal Data

    § 20

    1. In order to benefit from Services available in Application or Tool, User has to fill in respective forms. It is required to provide particular personal data there. Also in correspondence with Danafix User can provide his/her personal data to make possible to Danafix to respond.
    2. Providing personal data shall be voluntary and give consent without any fraud, duress and oversight, however it shall be necessary to benefit from Services offered in Application or by Tool.
    3. All personal data provided to Danafix by Users are processed according to the provisions of Indonesian law, first of all, Regulation of Minister for Communications and Information No. 20 year 2016 concerning Personal Data Protection In Electronic Systems and its related regulations stipulated on personal data protection.

    § 21

    1. Danafix shall be the personal data controller.
    2. Danafix can entrust another entity with processing provided personal data of Users, according to an agreement concluded with such entity and the User has been agreed to grant Danafix irrevocably and non-voidable without any reason whatsoever to assign the right of access, distribute and process the User’s data to third party for nothing other than the Services Purposes as referred to § 22 in this Term and Condition.
    3. In order to perform Services available in Application or by Tool, access to User’s data shall be given in particular to Lenders with whom Danafix concludes the separate contract.

    § 22

    1. User shall have the right to access to his/her personal data and to correct them.
    2. As regards the data given to Lender, the request described in sub-clause 1 of this section should also be directed to the Lender concerned.
    3. Based on User’s consent, Danafix may make User’s personal data available to the Lenders for their data verification, risk assessment, marketing purposes and debt collection (the “Purposes”). Any changes for such purposes shall be conveyed to the User immediately.

    § 23

    Danafix processes Users’ personal data and uses them in the scope, and for the purpose which is necessary to perform Services offered through the Application or Tool and to avoidance any doubt, Danafix shall explain those to the User.

    § 24

    Personal data collected by Danafix can be transferred to state authorities authorized according to binding provisions of law or order of a court of competent jurisdiction or recognized stock exchange or government or regulatory department or agency with jurisdiction over the User.

    § 25

    Danafix shall use technical means required by then binding provisions about personal data protection to prevent unauthorized persons from accessing obtaining and modifying personal data provided by electronic means.

    § 26

    User shall have no opportunity to benefit from Services provided through Application or Tool anonymously or under a nickname.

    § 27

    1. Danafix shall also register User’s IP address from which he/she would be accessing Application or Tool.
    2. Based on User’s IP address and location connected with it, Danafix shall optimize the content of Application or Tool to match the needs of User to the best extent possible.
  9. Final Provisions

    § 28

    1. This Terms and Conditions are governed by and shall be construed in accordance with the laws of Republic Indonesia.
    2. Any dispute arising among the Parties in connection with the implementation of this Terms and Conditions will be settled first on the amicable basis between Danafix and User.
    3. If amicable settlement can be settled the dispute, the deliberations in amicable settlement shall submitted in written form and become the part of the Agreement.

    § 29

    1. If Danafix and User fail to make amicable settlement no later than 40 (forty) calendar days from the date of such dispute arise, such dispute shall be settled through the Central Jakarta District Court according to the prevailing regulations.
    2. Danafix and User hereby choose the permanent domicile at Central Jakarta District Court.

    § 30

    1. This Terms and Conditions and other document provided must be:
      1. bilingual language version in English and Bahasa; or
      2. accompanied by a sworn translator English translation or solely the Bahasa version.
    2. Notwithstanding point 1 above:
      1. in the event of any conflict between the English version and the Bahasa Indonesia version of this Terms and Conditions, the English version will prevail, and the Bahasa Indonesia version herein will be amended to conform with the provisions in the English version; and
      2. Danafix and User will not (and it will not allow or assist any party) in any manner or forum in any jurisdiction, challenge the validity of, or raise or file any objection to, this Terms and Conditions or the transactions contemplated herein on the basis of any failure to comply with Law No. 24 of 2009 regarding National Flag, Language, Emblem and Song by the Government of Indonesian or any of its implementing regulations

    § 31

    The Terms and Conditions can be found on https://danafix.id/ and in the Danafix registered office as described in the provision of § 1 point 2 of Terms and Conditions.